Tuesday, February 26, 2013

PEMERINTAHAN TIMURIYAH PADA MASA PEMERINTAHAN TIMUR LENK



PEMERINTAHAN TIMURIYAH
PADA MASA PEMERINTAHAN TIMUR LENK
 
Disusun Oleh:
M. MUDZAKIR HASBULLAH
NIM: 210310171


JURUSAN TARBIYAH
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) PONOROGO
2012
BAB I
PENDAHULUAN


A.      Latar Belakang Masalah
Dalam benak kita nama Mongolia identic dengan perilaku barbar, kekerasan, dan penghancuran, sebagai akibat dari apa yang telah mereka perbuat pada masa awal kemunculan dan dalam pemerintahan bangsa mongol yang sangat terkemuka, diantaranya adalah timur lenk, yang berarti timur si pincang. Timur Lenk adalah penguasa terkemuka terakhir Mongolia. Dia terkenal dengan kerajaannya, dan serang menumpahkan darah dan kehancuran.
Oleh karenanya, di dalam makalah ini akan dijelaskan mengenai sejarah kelahiran dan biografi Timur Lenk, dari lahir hingga wafatnya, serta peristiwa apa saja yang bersangkutan mengenai Timur Lenk. Semoga makalah ini membawa manfaat bagi pembacanya. Amin.

B.       Rumusan Masalah
1.      Kapan lahirnya Timur Lenk?
2.      Negara manasaja yang ditaklukkan Timur Lenk?
3.      Kemajuan apasaja yang dicapai pada masa pemerintahan Timur Lenk?
4.      Bagaimana pemerintahan Timuriyah setelah Timur Lenk?


BAB II
PEMBAHASAN


A.      Kelahiran Timur Lenk dan Kehidupannya
Timur Lenk lahir dekat Kesh (sekarang Khakhnsyabz, “Kota Hijau”, Uzbeskistan), sebelah selatan Samarkand di Transoxiana, pada tanggal 08 April 1336 M/ 25 Sya’ban 736 H.
Nama pendeknya Lank (Lame) berasal dari lukanya yang ia peroleh ketika mencuri domba. Ayahnya bernama Taragai, seorang kepala suku Barlas, dan menjadi menteri dan kerabat Jagatai, putra Jengiskhan.
Suku Barlas mengikuti Jagatai mengembara ke arah barat dan menetap di Samarkand. Taragai menjadi gubernur Kesh dan keluarganya mengaku keturunan Jergiskhan, karena salah satu nenek moyangnya adalah wazir untuk putra Jengiskhan. [1]
Sejak usia muda, keberanian dan keperkasaannya yang luar biasa sudah terlihat. Ia sering diberi tugas untuk menjinakkan kuda-kuda binal yang sulit ditunggangi dan memburu binatang-binatang liar.
Sewaktu umur 12 tahun, ia sudah terlibat dalam banyak peperangan dan menunjukkan kehebatan serta yang mengangkat dan mengharumkan namanya di kalangan bangsanya. Akan tetapi baru setelah ayahnya meninggal, sejarah keperkasaannya bermula.
Setelah Jagatai wafat, masing-masing amir melepaskan diri dari pemerintahan pusat. Timur Lenk mengabdikan diri pada gubernur Transoxiana, Amir Qazaghan. Ketika Qazaghan meninggal dunia, datang serbuan dari Tughluq Timur Khan, pemimpin Moghulistanm yang menjajah dan menduduki Transoxiana.
Timur Lank bangkit memimpin perlawanan untuk membela nasib kaumnya yang tertindas. Setelah melihat keberanian dan kehebatan Timur, Tughluq Timur menawarkan kepadanya jabatan gubernur di negeri kelahirannya. Tawaran itu diterima, akan tetapi setahun setelah Timur Lenk diangkat menjadi gubernur, tahun 1361 M, Tughluq Timur mengangkat putranya, Ilyas Khoja menjadi gubernur Samarkand dan Timur Lenk menjadi wazirnya. Tentu saja Timur Lenk menjadi berang. Ia bergabung dengan cucu Quzaghan, Amir Husain, mengangkat senjata memberontak terhadap Tughluq Timur.
Timur Lenk berhasil mengalahkan Tughluq Timur dan Ilyas Khoja. Keduanya dibinasakan dalam pertempuran. Ambisi Timur Lenk menjadi raja besar muncul. Karena ambisi itulah ia kemudian berbalik memaklumkan perang melawan Amir Husain, dalam pertempuran antara keduanya, ia berhasil mengalahkan dan membunuh Amir Husain di Balkh.
Pada 10 April 1370 M, ia memproklamirkan dirinya sebagai penguasa tunggal di Trasixiana, pelanjut Jagatai dari keturunan Jengiskhan. Sepuluh tahun pertama pemerintahannya, ia berhasil menaklukkan Jata dan Khawarizm.[2]

B.       Serangan-Serangan Timur Lenk
Timur Lenk adalah seorang muslim syiah yang fanatic. Ia menyadari bahwa dirinya adalah seorang raja yang kejam, senang menumpahkan darah dan kehancuran. Karena itu tentaranya menyukai kehancuran total.[3]
Setelah Jata dan Khawarizm dapat ditaklukkan, ketika itulah, Timur Lenk mulai menyusun rencana untuk mewujudkan ambisinya menjadi penguasa besar dan berusaha menaklukkan daerah-daerah yang pernah dikuasai oleh Jengiskhan. Ia berkata “sebagaimana hanya ada satu Tuhan di alam ini, maka di bumi hanya ada seorang raja”. Seragan-seragannya antara lain:
1.      Pada tahun 1381 M, ia menyerang dan berhasil menaklukkan khurasan. Setelah itum serbuan ditunjukkan ke arah barat. Di sini ia juga keluar sebagai pemenang.[4]
2.      Pada masa antara tahun 782-786 H / 1380-1384 M ia menguasai Khurasan, Jurjan, Mazandar, Fars, Afganistan, Persia, Azarbaijan dan Kurdistan.[5]
v Di setiap negeri yang ditaklukkannya, membantai penduduk yang melakukan perlawanan.
v Di Sabzawar, Afganistan, ia membangun menara disusun dari 200 mayat manusia yang dibalut dengan batu dan tanah liat.
v Di Isfahan, Iran, ia membantai kurang lebih 70.000 penduduk. Kepala-kepala dari mayat itu disusun menjadi menara.[6]
3.      Pada tahun 1387 M, ia menaklukkan dataran tinggi Iran dan dataran rendah Mesopotamia. Dari sana ia melanjutkan ekspansinya ke Irak, Syria, Anatolia (Turki).[7]
4.      Pada tahun 1393 M, ia menghancurkan dinasti Muzhaffari di Fars dan membantai amir-amirnya yang masih hidup. Dan pada tahun yang sama Baghdad di taklukannya. Penguasa Baghdad waktu itu, Sultan Ahmad Jahir, melarikan diri ke Syria.
5.      Pada tahun 1394 M, Timur Lenk melancarkan invasi ke Asia kecil kemudian menaklukkan kota Edessa, Tikrit, Mardin dan Amid. Di Tikrit, kota kelahiran Shalah Al-Din Al-Ayyubi, ia membangun sebuah piramida dari tengkorak kepala korban-korbannya.
6.      Pada tahun 1395, ia menyerbu daerah Qipehak, kemudian menaklukkan Moskow yang didudukinya selama lebih dari setahun.
7.      Pada tahun 1398 M, ia menundukkan Dehli dan Kasmir di India Utara, konon alasan penyerbuannya adalah karena ia menganggap penguasa muslim di daerah ini terlalu toleran terhadap penganut hindu. Di India ia mambantai lebih dari 80.000 tawaran.
8.      Pada tahun1399 M, Timur Lenk berangkat memerangi Sultan Mamalik di Mesir dan memerangi kerajaan usmani di bawah Sultan Bawazid 1, tetapi di dalam perjalannya itu, ia menaklukan Georgia. Di Sivas, Anatolia sekitar 4000 tentara Armenia di kubur hidup-hidup untuk memenuhi sumpahnya bahwa darah tidak akan tertumpah bila mereka menyerah.
9.      Pada tahun 1401 M, ia memasukidaerah Syria bagian utara.
v Tiga hari lamanya, Aleppo dihancur leburkan. Kepala dari 20.000 penduduk dibuat piramida dengan wajahnya menghadap keluar.
v Bangunan seperti sekolah dan masjid yang berasal dari zaman Nuruddin dan Ayubi dihancurkan.
v Kota Hamah, Hims dan Baklabah jatuh ke tangannya.
v Pasukan mesir di bawah komando Sultan Faraj dapat dikalahkannya dalam suatu pertempuran dasyat.
v Dan Damaskus jatuh ke tangan pasukan Timur Lenk pada bulan Pebruari 1401 M.
v Akibat peperangan dasyat tersebut, masjid Umayyah yang bersejarah rusak berat tinggal dinding-dindingnya yang masih tegak.
v Dari Damaskus para seniman, perajin ahli dan beberapa sarjana Damaskus dibawanya ke Samarkand untuk menanam benih-benih pengetahuan Islam dan mengenalkan beberapa industri kerajinan yang sejak saat itu hilang dari ibu kota Syria.
v Ia memerintahkan ulama yang menyertainya untuk mengeluarkan fatwa membenarkan tindakan-tindakannya.
10.  Pada tahun yang sama, ia melakukan serangan ke Baghdad.
v ketika Baghdad telah berhasil ditaklukkan, ia melakukan pembantaian besar-besaran terhadap 20.000 penduduk sebagai pembalasan atas pembunuhan terhadap tentaranya sewaktu mengepung kota itu.
v Ia mendirikan 120 buah piramida dari kepala mayat-mayat sebagai tanda kemenangan.[8]
11.  Pada tahun 1402 M, Timur Lenk menghancurkan pasukan/ tentara Utsmani di Ankara.
v Sementara Sultan Bayazid I tertawan ketika hendak melarikan diri.
v Di Sivas, putra Bayazid I, Erthugrul, terbunuh di dalam pertempuran tersebut.
v Sultan Bayazid I akhirnya meninggal dalam tawanan.
v Timur Lenk melanjutkan serangannya ke Broessa, ibu kota lama Turki dan Smyrna.
v Setelah itu, ia kembali ke Samarkand untuk merencanakan invasi ke Cina.[9]
12.  Pada tahun 1404 M, Timur Lenk merencanakan invasi ke Cina
v Namun di tengah perjalanan, tepatnya di Oktar, ia menderita sakit yang membawa kematiannya.
v Ia meninggal pada usia 71 tahun dan jenazahnya dibawa ke Samarkand untuk dimakamkan dengan upacara kebesaran.[10]

C.      Kemajuan yang Dicapai pada Masa Pemerintahan Timur Lenk
Sekalipun ia terkenal sebagai penguasa yang sangat ganas dan kejam terhadap para penentangnya, sebagai seorang muslim Timur Lenk tetap memperhatikan pengembangan Islam
Bahkan dikenal sebagai orang yang shaleh, ia adalah penganut Syi’ah yang taat dan meyakini tasawuf tarekat Naqsabandiyah. Dalam setiap perjalanannya, ia selalu membawa serta ulama-ulama, sastrawan dan seniman, para ulama dan sastrawan dihormatinya.
Ketika berusaha menaklukkan Syria bagian utara, ia menerima dengan hormat sejarawan terkenal, yaitu Ibnu Khaldun yang diutus Sultan Faraj untuk membicarakan perdamaian.
Dan kemajuan yang dicapai oleh Timur Lenk, antara lain:
1.      Kota Samarkand diperkayanya dengan bangunan-bangunan dan masjid yang megah dan indah.
2.      Kota Samarkand dijadikan pusat internasional dan mengambil alih kedudukan kota Baghdad dan Tabriz sebagai pusat internasional.
3.      Mendatangkan tukang-tukang yang ahli, seniman ulung, pekerja yang pandai dan perancang bangunan dan negeri-negeri taklukannya untuk memajukan perkembangan Islam.
4.      Meningkatkan perdagangan dan industry dinegerinya dengan membuka rute-rute perdagangan yang baru antara India dan Persia Timur.
5.      Ia berusaha mengatur administrasi pemerintahan dan angkatan bersenjata dengan cara-cara rasional dan berjuang menyebarkan Islam.[11]

D.      Pemerintahan Timuriyah Setelah Timur Lenk
Setelah Timur Lenk meninggal, dua orang anaknya, Muhammad Jehanekir dan Kholil berperang memperebutkan kekuasaan. Kholil (1404-1405 M) keluar sebagai pemenang. Akan tetapi, ia hidup berfoya-foya menghabiskan kekayaan yang ditinggalkan kekayaan yang ditinggalkan ayahnya. Karena itu saudaranya yang lain, Syah Rukh (1405-1447 M) merebut kekuasaan dari tangannya.
Syah Rukh merupakan salah satu penguasa terkemuka pemerintahan Timuriyah setelah Timur Lenk. Ia berusaha mengembalikan wibawa kerajaan. Ia seorang raja yang adil dan lemah lembut. Setelah ia meninggal ia diganti oleh anaknya Ulugh Bey (1447-1449 M). Ulugh Bey adalah seorang raja yang alim dan sarjana keilmuan. Namun, masa pemerintahannya tidak lama. Dua tahun setelah berkuasa ia dibunuh oleh anaknya yang haus akan kekuasaan, ia adalah Abd AL-Latif (1449-1450 M). raja besar dinasti Timuriyah yang terakhir adalah Abu Sa’id (1452-1462 M). pada massa inilah kerajaan mulai terpecah belah.[12]


BAB III
PENUTUP


A.  Kesimpulan
1.      Timur Lenk lahir dekat Kesh (sekarang Khakhnsyabz, “Kota Hijau”, Uzbeskistan), sebelah selatan Samarkand di Transoxiana, pada tanggal 08 April 1336 M/ 25 Sya’ban 736 H dan meniggal di Otrar pada tahun 1404 M dan pada usia 71 tahun.
2.      Ia memproklamirkan dirinya sebagai penguasa tunggal di Trasixiana, pelanjut Jagatai dari keturunan Jengiskhan Pada tanggal 10 April 1370 M,. Sepuluh tahun pertama pemerintahannya, ia berhasil menaklukkan Jata dan Khawarizm.
3.      Seragan-seragan Timur Lenk antara lain:
Ø  Pada tahun 1381 M, ia menyerang dan berhasil menaklukkan khurasan. Setelah itum serbuan ditunjukkan ke arah barat. Di sini ia juga keluar sebagai pemenang.[13]
Ø  Pada masa antara tahun 782-786 H / 1380-1384 M ia menguasai Khurasan, Jurjan, Mazandar, Fars, Afganistan, Persia, Azarbaijan dan Kurdistan.[14]
Ø  Pada tahun 1387 M, ia menaklukkan dataran tinggi Iran dan dataran rendah Mesopotamia. Dari sana ia melanjutkan ekspansinya ke Irak, Syria, Anatolia (Turki).[15]
Ø  Pada tahun 1393 M, ia menghancurkan dinasti Muzhaffari di Fars dan membantai amir-amirnya yang masih hidup. Dan pada tahun yang sama Baghdad di taklukannya. Penguasa Baghdad waktu itu, Sultan Ahmad Jahir, melarikan diri ke Syria.
Ø  Pada tahun 1394 M, Timur Lenk melancarkan invasi ke Asia kecil kemudian menaklukkan kota Edessa, Tikrit, Mardin dan Amid. Di Tikrit, kota kelahiran Shalah Al-Din Al-Ayyubi, ia membangun sebuah piramida dari tengkorak kepala korban-korbannya.
Ø  Pada tahun 1395, ia menyerbu daerah Qipehak, kemudian menaklukkan Moskow yang didudukinya selama lebih dari setahun.
Ø  Pada tahun 1398 M, ia menundukkan Dehli dan Kasmir di India Utara, konon alasan penyerbuannya adalah karena ia menganggap penguasa muslim di daerah ini terlalu toleran terhadap penganut hindu. Di India ia mambantai lebih dari 80.000 tawaran.
Ø  Pada tahun1399 M, Timur Lenk berangkat memerangi Sultan Mamalik di Mesir dan memerangi kerajaan usmani di bawah Sultan Bawazid 1, tetapi di dalam perjalannya itu, ia menaklukan Georgia. Di Sivas, Anatolia sekitar 4000 tentara Armenia di kubur hidup-hidup untuk memenuhi sumpahnya bahwa darah tidak akan tertumpah bila mereka menyerah.
Ø  Pada tahun 1401 M, ia memasukidaerah Syria bagian utara.
Ø  Pada tahun yang sama, ia melakukan serangan ke Baghdad.
Ø  Pada tahun 1402 M, Timur Lenk menghancurkan pasukan/ tentara Utsmani di Ankara.
Ø  Pada tahun 1404 M, Timur Lenk merencanakan invasi ke Cina
4.      Dan kemajuan yang dicapai oleh Timur Lenk, antara lain:
Ø  Kota Samarkand diperkayanya dengan bangunan-bangunan dan masjid yang megah dan indah.
Ø  Kota Samarkand dijadikan pusat internasional dan mengambil alih kedudukan kota Baghdad dan Tabriz sebagai pusat internasional.
Ø  Mendatangkan tukang-tukang yang ahli, seniman ulung, pekerja yang pandai dan perancang bangunan dan negeri-negeri taklukannya untuk memajukan perkembangan Islam.
Ø  Meningkatkan perdagangan dan industry dinegerinya dengan membuka rute-rute perdagangan yang baru antara India dan Persia Timur.
Ø  Ia berusaha mengatur administrasi pemerintahan dan angkatan bersenjata dengan cara-cara rasional dan berjuang menyebarkan Islam.
5.      Setelah Timur Lenk meninggal, dua orang anaknya, Muhammad Jehanekir dan Kholil berperang memperebutkan kekuasaan. Kholil (1404-1405 M) keluar sebagai pemenang.. Syah Rukh (1405-1447 M) merebut kekuasaan dari tangannya.. Setelah Syah Rukh meninggal ia diganti oleh anaknya Ulugh Bey (1447-1449 M).. Dua tahun setelah berkuasa ia dibunuh oleh anaknya yang haus akan kekuasaan, ia adalah Abd AL-Latif (1449-1450 M). raja besar dinasti Timuriyah yang terakhir adalah Abu Sa’id (1452-1462 M). pada massa inilah kerajaan mulai terpecah belah.
Daftar Pustaka


Al-‘Usairy. Ahmad, Sejarah Islam, Jakarta: Akbar Media, 2003.

Amstrong. Karen, Islam: Sejarah Singkat, Yogyakarta: Jendela, 2003.

K. Hitti. Philip, History Of The Arabs, Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta, 2005.

Yatim. Badri, Sejarah Peradaban Islam, Jakarta: Raja Grafindo, 2008.




[1] Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008), 118.
[2] Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008), 118-119.
[3] Ahmad Al-‘Usairy, Sejarah Islam, (Jakarta: Akbar Media, 2003), 327.
[4] Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam, (Jakarta: Raja Grafindo, 2008), 119.
[5] Ahmad Al-‘Usairy, Sejarah Islam, (Jakarta: Akbar Media, 2003), 110.
[6] Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam, (Jakarta: Raja Grafindo, 2008), 120.
[7] Karen Amstrong, Islam: Sejarah Singkat, (Yogyakarta: Jendela, 2003), 127.
[8] Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam, (Jakarta: Raja Grafindo, 2008), 120-122.
[9] Philip K. Hitti, History Of The Arabs, (Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta, 2005), 897.
[10] Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam, (Jakarta: Raja Grafindo, 2008), 122.
[11] Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam, (Jakarta: Raja Grafindo, 2008), 123.
[12] Ibid, 123.
[13] Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam, (Jakarta: Raja Grafindo, 2008), 119.
[14] Ahmad Al-‘Usairy, Sejarah Islam, (Jakarta: Akbar Media, 2003), 110.
[15] Karen Amstrong, Islam: Sejarah Singkat, (Yogyakarta: Jendela, 2003), 127.

Wednesday, July 25, 2012

Terima Money Politic = Menghalalkan Korupsi

Terima Money Politic = Menghalalkan Korupsi


Oleh : Muh. Ikhwanudin Alfianto *
Baru saja di Ponorogo tahun 2012 ini telah dilaksanakan proses Pemilihan Kepala Desa. Tahun-tahun sebelumnya ada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serta Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Pemilu datang semua senang, itulah arti dari pesta rakyat sejati. Namun bagaimana jika kesenangan tersebut hanya dibatasi sebatas mendapatkan uang. Bagi sebagian masyarakat, momentum seperti Pemilu digunakan untuk mendapat keuntungan, baik atas nama masyarakat maupun atas nama golongan tertentu (kepentingan pribadi). Sedangkan bagi kandidat, momen Pemilu adalah momen untuk membagi-bagikan uang/materi (dalam bentuk yang bermacam-macam) untuk mendapat keuntungan yang lebih besar lagi.
Praktik yang sering disebut sebagai money politic ini masih dinilai cara paling jitu untuk menaklukkan pemilih. Modus operandinya bisa bermacam-macam. Ada yang langsung berwujud uang dalam amplop, bisa berwujud barang atau materi, bisa berwujud jasa bahkan bisa berwujud janji untuk memberikan materi dan sebagainya. Sedangkan waktunya juga bisa berbeda-beda, namun yang paling rawan terjadinya money politik adalah pada hari tenang dan pada malam sampai saat pemungutan suara.
Perilaku materialistik dan konsumtif masyarakat dan sistem politik yang masih mendewakan materi memaksa seorang kandidat melakukan permainan uang (money politic) dalam Pemilu. Dengan dua kondisi itu hampir dapat dipastikan seluruh pejabat kemudian terpaksa korupsi kalau sudah menjabat.
Di sisi lain masyarakat sedang sakit akibat perilaku konsumtif, sehingga selalu menetapkan standar terhadap seseorang dengan ukuran materi. Masyarakat tidak lagi memperhatikan latar belakang (track record) dan mempertanyakan program atau visi-misi kandidat yang bersangkutan sebagai pertimbangan dalam memberikan pilihan politiknya. Masyarakat lebih sering bertanya apa yang akan mereka dapatkan.
Sekelompok orang menganggap bahwa politik uang adalah sudah sewajarnya. Bahkan ada yang bilang, sudah merupakan bagian dari budaya masyarakat. Karena kalau bukan pada saat Pemilu, kapan lagi akan bisa ikut menikmati manisnya dum-duman. Anggapan sudah sewajarnya itu karena memang selama ini dalam musim Pemilu, selalu saja ada uangnya. Bahkan ada yang sampai menganggap Pemilu adalah saatnya sebar dan bagi-bagi uang.
Sedang sekelompok lainnya, menganggap bahwa money politic berakibat tidak sehatnya pemilihan seorang pemimpin. Karena pemimpin yang terpilih bukanlah pemimpin yang benar-benar berkualitas, tapi pemimpin yang hanya bermodalkan uang.  Tujuan pemimpin yang hanya bermodalkan uang perlu dipertanyakan niatnya merebut kekuasaan. Jangan-jangan setelah terpilih nanti bukannya mewujudkan kesejahteraan melainkan malah mengeruk uang rakyat.
Praktik money politic seperti ini dapat merusak dan mencederai demokrasi. Money politic itu rentan dengan korupsi. Tak mungkin seseorang membuang ratusan juta bahkan miliaran rupiah tanpa kepentingan (konon rata-rata Rp 15 M untuk calon bupati, Rp 1 M untuk Caleg, Rp 0,5 M untuk calon Kepala Desa). Tidak mungkin peserta Pemilu dan tim sukses yang mengatakan ingin membela kepentingan rakyat, tapi tidak mempedulikan uangnya yang habis selama kampanye.
Itulah yang menghabiskan biaya yang cukup besar bagi peserta Pemilu. Dampak dari tingginya biaya itulah yang menyebabkan kandidat yang terpilih cenderung melakukan praktik korupsi. Tujuannya, untuk mengembalikan biaya Pemilu sekaligus investasi politik masa mendatang.
Praktik money politic memang sulit untuk dihilangkan. Soalnya, antara yang memberi dan menerima sama-sama senang. Kalau sama-sama senang, pastilah semua diam. Kecuali, ada salah satu pihak terutama yang menerima tidak mau, maka hal itu bisa membongkar praktik money politic.
Money politik juga dapat dikiaskan dengan (maaf) kentut. Kentut itu baunya menyengat (ibarat bangkai), abstrak, dan hampir absurd untuk menonjok si pemilik kentut. Proses pencarian pembuktian yang cukup sulit, sekalipun bau kentut itu tercium dan sangat mengganggu penciuman. Oleh karena itu, semua pihak harus ikut mengawasinya dan panwas Pemilu diharapkan benar-benar dapat berperan untuk mengungkapnya.
Momen Pemilu merupakan momen penting untuk memunculkan pemimpin yang dekat dengan rakyat dan peluang untuk mencari aktor pemimpin yang mampu melakukan pembaruan dan melaksanakan aspirasi masyarakat. Sedangkan bagi masyarakat sendiri diharapkan dapat terlibat secara aktif dalam prosesi Pemilu dan proses aktivitas politik lainnya sehingga hal tersebut dapat menjadi sarana tersendiri bagi masyarakat untuk meningkatkan daya tawarnya terhadap pemerintah.
Semua kembali kepada rakyat dalam memilih calon yang menyebar uang atau tidak menyebar uang. Kalau menyebar uang semuanya, apakah akan memilih yang menyebar uang paling banyak atau paling sedikit. Atau, akan mengambil uangnya, tapi tidak akan memilih calonnya.
Namun pesan seperti “Ambil uangnya, jangan pilih orangnya” sebenarnya juga tidak mendidik masyarakat. Sikap yang paling baik adalah memilih kandidat sesuai dengan hati dan pikiran masing-masing serta MENOLAK money politik dari para kandidat. Menerima money politic dalam Pemilu sama dengan ikut “menghalalkan” praktek korupsi di Pemerintahan. Nah, berarti dalam bahasa agama berarti ikut “kecipratan” dosanya juga. Wallahu A’lam….
* Penulis adalah Anggota KPU Kabupaten Ponorogo
diambil dari : http://reogreform.com/index.php/read/artikel/49/terima-money-politic--menghalalkan-korupsi

Friday, July 13, 2012

CARA MENJAWAB/MENGIRIM SMS YANG BAIK


SMS adalah salah satu cara berkomunikasi lewat telepon selular / ponsel yang sangat digemari oleh hampir setiap orang. Dengan sms orang dapat mengungkapkan pesan-pesanya dalam berbagai cara dan bentuk dengan harga yang relatif murah. Berikut ini adalah beberapa tips bagi anda yang akan atau sudah sering kirim mengirim sms :
1. Gunakan kata-kata yang tepat
Mengetik sms adalah sesuatu yang tidak menyenangkan bagi sebagian orang. Untuk itu penggunaan kata-kata yang tepat untuk mengungkapkan pesan yang akan dikirim menjadi sangat penting. Gunakanlah kalimat yang tidak terlalu panjang tetapi pesan yang disampaikan tetap utuh dan mudah dimengerti penerima sms. SMS yang baik adalah sms yang singkat, padat dan tepat tidak terlalu bertele-tele agar penerima mudah mengerti pesan anda dalam waktu yang singkat.
2. Jangan menggunakan singkatan kata yang sulit ditebak / diterka
Terkadang untuk menyingkat waktu atau meringkas jumlah karakter sms, kita hanya menyingkat suatu kata menjadi beberapa huruf. Singkatan kata yang terlalu pendek dapat menyebabkan pembaca pesan sms kita menjadi bingung dan bisa mengakibatkan kesal dan salah pengertian terhadap pesan yang ingin disampaikan.
3. Gunakan kata-kata yang sopan walaupun sedang marah / emosi
Jangan menggunakan kata-kata kotor dan caci-maki kepada orang lain yang tidak terbiasa dengan hal tersebut. Terkadang teman yang sudah akrab dengan kita bisa mentolerir hal tersebut, namun tidak sama halnya dengan orang lain yang baru dikenal atau belum akrab benar. SMS yang kasar bisa menjadi senjata makan tuan bagi diri anda sendiri jika penerima sms menuntut anda ke pengadilan atas perbuatan yang tidak menyenangkan. Mengetik sms dengan hurup kapital / hurup besar semua mencerminkan marah-marah atau penyataan keras. Gunakan huruf yang kecil saja untuk menghindari salah persepsi.
4. Jangan tertipu sms tipuan dan sms berantai
Apabila anda menerima sms yang berisi pernyataan bahwa anda telah memenangkan atau mendapatkan suatu hadiah jangan senang dulu, karena bisa jadi ini adalah tipuan untuk menguras uang anda. Telusuri dahulu siapa pengirimnya dan hubungi costumer service resmi yang nomor teleponnya tidak bersumber dari sms yang anda terima. Lain halnya dengan sms berantai yang berisi ajakan mengirimkan pesan sms ke teman-teman atau rekan kenalan anda dengan iming-iming mendapatkan bonus pulsa, bonus sms, uang, hadiah, dan lain sebagainya. Jika anda menerima sms seperti itu hapuslah dan jangan anda kirim ke orang lain.
5. Identitas yang lengkap
Apabila anda mengirim sms pada orang yang baru pertama kali dan belum menginput nomor anda ke address book pada ponsel penerima sebaiknya anda mencantumkan nama anda pada awal atau akhir sms. Di samping itu anda sebaiknya tidak menggunakan fasilitas hide identity untuk menyembunyikan nomor anda di sms untuk memudahkan penerima sms mengenali pengirimnya.
6. Jangan mengirim sms ke orang yang anda tidak kenal
Orang lain yang menerima sms untuk berkenalan dari orang yang belum pernah dikenal biasanya tidak akan ditanggapi. Begitu juga bagi anda, keluarga, anak, kawan, dan sebagainya yang menerima sms seperti itu sebaiknya jangan ditanggapi, karena bisa saja pengirimnya memiliki maksud yang buruk yang dapat mengakibatkan tindak kriminal.
7. Bersabar menerima balasan sms
Terkadang terjadi kesalahan teknis seperti bts mati, server sms penuh, peak hour, dan lain sebagainya yang mengakibatkan sms anda tertunda baik dalam pengiriman, maupun penerimaan balasan sms. Di lain sisi jika anda mengharapkan balasan dari penerima bersabarlah. Bisa saja penerima sedang tidak berada di dekat ponsel, pulsa sedang habis, sedang masa tenggang, hp rusak dan lain sebagainya yang bisa menyebabkan tidak ada balasan dalam waktu yang cepat.
8. Memanggil sapaan yang disukainya
 Terkadang hal ini selalu diabaikan, padahal ini sangat penting agar sms kita dihargainya. menggunakan bahasa sapaan seperti bapak, ibu, mas, dik, kak, bang, dan lain-lain atau mungkin nama sapaanya menjadikan orang yang kita sms seperti di hargai. dan itu lebih baik sesering mungkin, karena akan terkesan nada sms kita angkuh apa bila tidak ada bahasa panggilan sapaan.
9. Jawablah segera apa bila ada sms masuk
terkadang kita karena sibuk, malas untuk menjawab SMS teman yang pada dasarnya itu sangat ditunggu-tunggu olehnya walaupun tidak begitu penting. untuk itu meskipun dengan sms singkat kita harus membalasanya dengan tidak melupakan memanggil sapaanya dengan nada sopan.
10. Hargailah orang kapasitasnya sebagai apa dihadapan kita,

Dengan cara-cara sms di atas penulis yakin kita akan dihargai oleh orang lain walaupun hanya dengan SMS yang mana lebih hemat pulsa dan lain-lain......karena banyak sekali SMS-SMS yang menjadikan orang salah penafsiran sehingga terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. untuk itu walaupun hanya sepele masalah SMS bisa memicu pertengkaran. maka kita patut mempelajarinya sebagai bekal kita untuk bersosialisasi dengan teman, kerabat dan keluarga, mitra kerja, pacar, orang spsial dan bahkan pada orang-orang yang belum kita kenal sama sekali.

by: NEW RUMAH PENA, JL. Menur 125 Ponorogo. Telp. 081 359 222 227 - 085 856 469 469

Friday, June 1, 2012

How to Spot a Good Real Estate Investment Opportunity

How to Spot a Good Real Estate Investment Opportunity

Real estate investment is one of the best ways to make substantial profits in a short time. According to the Forbes magazine, it has given the best returns to prudent investors as compared to other businesses. America is a land of equal opportunity and home to a continuous flow of a large number of immigrants. This has given rise to an ever-increasing need for housing and has boosted the demand for real estate.
However, there are divergent views with many people believing that the boom in real estate is over and the housing bubble may burst any time. Regardless of what the future may hold in store in the long run there are ways and indicators to identify a good real estate investment opportunity that will allow you to reap quick bumper returns on your investment. Let us look at some of these.

The first way is to locate a place that has a trend of migration. There are certain areas that favor cross border or inter state migration, which makes them potential locations for an increasing demand for real estate. A little research and some time spent in examining maps of nearby locations can give hints on place(s) with an existing trend of migration. Usually these are places where industrial development is taking place.
When new manufacturing facilities come up in areas at the far end of a town, with good road connectivity and utility access, then this spells an opportunity for a real estate investment that is sure to go up price wise. The rate of the rise in price will however depend on the type of migrants as different type of people like to stay in different locations and homes.
When the idea is to invest for getting rental income, university towns are ideal. These places have a constant inflow of national and international students needing accommodation that is near to the university campus during their scholastic tenure. They pay good rental, making the average rental yield higher than usual. In these places, you get a steady stream of potential tenants.
The real trick in spotting a good real estate opportunity is the ability to foresee profits where others see only problems. You should be able to evaluate a potential property by thinking out of the box with all possibilities in mind. Do not think about homes that are in a good condition if you really want to make a good profit. Good homes lack the potential to give you good profits because they are in high demand and come at higher prices hugely reducing the profit potential. Look for a house that no one else wants that you can renovate and later resell or put up for rental income if the location is right.
Take out time to scout the area you decide to invest in and find out all the relevant details such as the prices at which houses sell and the schools, shopping and recreational areas etc. When you are in possession of this knowledge, it will let you quickly spot an investment opportunity when it comes along.

Perbuatan Diskriminasi

Perbuatan Diskriminasi

Munculnya prilaku diskriminasi lebih disebabkan oleh adanya penyimpangan individual, penyimpangan ini biasanya dilakukan oleh orang yang telah mengabaikan dan menolak norma-norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat. Orang seperti itu biasanya mempunyai kelainan atau mempunyai penyakit mental sehingga tak biasanya mengendalikan dirinya.
Sebagai gambaran, seorang anak dari beberapa saudara muncul sifat kelainan yaitu rakus lalu ingin menguasai harta peninggalan orang tuanya. Ia mengabaikan saudara-saudaranya yang lain. Ia menolak norma-norma pembagian warisan menurut norma masyarakat maupun menurut norma agama. Ia menjual semua peninggalan harta orang tuanya untuk kepentingan dirinya sendiri dan mengabaikan saudara-saudaranya yang lain.
Penyimpangan perilaku seperti inilah menjadi faktor munculnya sikap diskriminasi yang paling dominan dalam kehidupan masyarakat. Adapun bentuk penyimpangan perilaku individual menurut kadar penyimpangannya adalah sebagai berikut:
a.    Penyimpangan tidak patuh  pada nasihat orang tua agar mengubah pendiriannya yang tidak sesuai dengan nilai Islam.
b.    Penyimpangan karena tidak taat terhadap pimpinan yang disebut pembangkang.
c.    Penyimpangan karena melanggar norma umum yang berlaku disebut pelanggar.
d.   Penyimpangan karena tidak menepati janji, berkata bohong, berkhianat kepercayaan. Khianat dan berlagak membela disebut munafik.
Dalam kehidupan masyarakat juga terdapat perbedaan sosial yang perwujudannya adalah penggolaongan penduduk atas dasar perbedaan-perbedaan dalam hal yang tidak menunjukkan tingkatan, antara lain ras, agama, jenis kelamin, profesi, klan, dan suku bangsa.
Perbedaan sosial (diferensiasi) menunjukkan adanya keanekaragaman dalam masyarakat. Suatu masyarakat yang didalamnya terdiri atas berbagai unsur menunjukkan perbedaan tidak bertingkat (horizontal) disebut masyarakat majemuk. Contoh, masyarakat Indonesia yang terdiri dari berbagai macam unsur, ras, suku bangsa, bahasa, agama, dan kebudayaan, disebut masyarakat bangsa, yakni suatu masyarakat yang tidak disatukan oleh kesamaan apapun. Dorongan bersatunya bangsa Indonesia terletak pada hasrat atau kemauan.
Terjadinya bentuk-bentuk perbedaan sosial dalam masyarakat diakibatkan oleh adanya ciri-ciri tertentu, yaitu ciri-ciri fisik, sosial dan budaya.
  1. Ciri-ciri fisik, yang berkaitan dengan ras, yaitu penggolongan manusia atas dasar persamaan ciri-ciri fisik yang  tampak dari luar, seperti bentuk epala, bentuk badan, bentuk hidung, bentuk rambut, bentuk muka dan tulang rahang bawah, serta warna kulit, rambut dan mata. Perbedaan ciri-ciri fisik sangat dirasakan pada masyarakat dalam Negara yang menjalankan politik diskriminasi rasial, misalnya politik Apartheid di Afrika Selatan, sebelum Presiden Nelson Mandela.
  2. Ciri-ciri sosial, yaitu yang berkaitan dengan status dan peran para warga masyarakat dalam kehidupan sosial. Setiap orang melakukan berbagai peran untuk kepentingan dirinya sendiri atau untuk kepentingan masyarakat. Hal itu berkaitan dengan pekerjaan atau profesi para warga masyarakat, termasuk mata pencahariannya. Pekerjaan dan kaitannya dengan penghasilan sehingga menimbulkan kesan adanya tingkatan tinggi rendah. Namun, antara pekerjaan yang satu dengan yang lain tidak menunjukkan tingkatan, tetapi ada perbedaan. Misalnya antara petani, pedagang, guru dan pegawai.
  3. Ciri-ciri budaya, yaitu ciri yang merupakan pembeda budaya dan suku. Dalam kehidupan masyarakat digolongkan menjadi masyarakat Batak, Bugis, Lombok, Toraja, Ambon, Asmat, Jawa dan lainnya atau dalam lingkup yang lebih luas, misalnya masyarakat Afrika, Asia, Amerika, atau Eropa. Penggolongan ini didasarkan  atas ciri-ciri yang dimiliki masing-masing budaya.
Dengan adanya perbedaan sosial (diferensiasi) maka dapat kita katakan bahwa diferensiasi merupakan awal adanya stratifikasi dan menjadi pemicu munculnya sikap diskriminasi. Namun, tidak dapat ditafsirkan bahwa semua diferensiasi akan mendorong lahirnya stratifikasi sosial dan menjadi pemicu munculnya sikap diskriminasi. Stratifikasi sosial dapat memperkuat adanya perbedaan-perbedaan dalam masyarakat.
Namun pada kenyataannya di dalam masyarakat juga terdapat potensi yang mendorong terhapusnya perbedaan-perbedaan. Misalnya dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat menghapus perbedaan antara masyarakat yang satu dengan yang lain, atau antara suku bangsa yang satu dengan suku bangsa yang lain. Ada 7 (Tujuh)  macam diferensiasi sosial, yaitu: 1) Diferensiasi Sosial berdassarkan Perbedaan Ras; ciri-ciri fisik yang menjadi dasar pembagian ras adalah sebagai berikut: a) bentuk kepala (cephalicus), b) bentuk badan, c) bentuk hidung, d) bentuk rambut, e) warna kulit, f) warna mata, g) bentuk muka. 2) Diferensiasi Sosial berdasarkan Perbedaan Agama. 3) Diferensiasi Sosial berdasarkan Perbedaan Jenis Kelamin. 4) Diferensiasi Sosial berdasarkan Perbedaan Umur. 5) Diferensiasi Sosial berdasarkan Profesi. 6) Diferensiasi Sosial berdasarkan Perbedaan Klan. 7) Diferensiasi Sosial berdasarkan Perbedaan Suku Bangsa. (Roli Abdul Rahman, Menjaga Aqidah dan Akhlak, hal. 112-113, Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2007).

Monday, December 26, 2011

Daftar Pemain Sepak Bola Keturunan Indonesia Yang Bermain di Luar Negeri

Kenapa Maluku identik dengan timnas Belanda? Jika menguraikan panjang lebar maka kita akan memulainya dari titik sejarah penjajahan Belanda yang beratus-ratus tahun di Indonesia. Istilah “Belanda Hitam” untuk orang Maluku yang dipecayai sebagai kasta kelas dua dalam tentara KNIL (Koninklijke Nederlands(ch)-Indische Leger) adalah sebuah ikatan sejarah masa lalu. Sejarah kelam yang membuat banyak tentara KNIL Maluku yang menetap di Belanda dan menghasilkan keturunan warga Maluku yang cukup banyak di negeri Belanda. Sejarah juga yang membuat perdebatan pendirian Republik Maluku Selatan (RMS) yang tak kunjung selesai sampai sekarang. Harus diakui, sisa-sisa RMS masih ada dan eksis di negeri Belanda. Tapi disini, saya tidak mengaitkan hal itu, karena sepakbola adalah sepakbola, saya tidak mau mencampurinya dengan urusan politik dan sebagainya.
Keterlibatan orang Maluku sebenarnya sudah ada sejak Piala Dunia pertama tahun 1938. Saat itu kesebelasan Hindia-Belanda membawa nama Kerajaan Belanda, bukan Indonesia. Hal mana perlu saya luruskan, karena ada perdebatan mengenai keabsahan Indonesia pernah mengikuti Piala Dunia. Memang, sebagian besar pemainnya adalah warga Indonesia yang bukan pemain FIFA, tetapi mereka yang bekerja di perusahaan-perusahaan Belanda. FIFA tetap mengakui Hindia Belanda disertakan atas rekomendasi NIVU (Nederlandsche Indische Voetbal Unie) bukan PSSI yang waktu itu kepanjangannya Persatuan Sepakraga Seluruh Indonesia.
Dari daftar pemain Hindia-Belanda di Piala Dunia 1938, terseliplah beberapa pemain Maluku seperti Hans Taihuttu, Frederik Hukom dan Tjaak Pattiwael. Ketiga pemain Maluku ini berbaur bersama pemain dari Jawa (Nawir dan Suvarte Soedermadji), Tionghoa (Tan Djien, Bing Mo Heng, Tan Se Han dan Tan Mo Heng) serta pemain asli Belanda seperti Beuzekom dan Henk Sommers. Jadi kalau anda melihat timnas Belanda multiras seperti sekarang ini, sebenarnya itu sudah terbentuk sejak awal. Keterlibatan orang Maluku di timnas Belanda pada era modern tidak lepas dari sosok Simon Melkianus Tahamata. Selama bermain, pemain kelahiran Vught Belanda pada 1956 silam ini berposisi di sayap kiri. Simon merupakan putra asli Maluku. Dia sudah memperkuat timnas Belanda sebanyak 22 kali dan mencetak dua butir gol. Setelah gantung sepatu akhir 90-an, Simon sibuk menjadi pelatih di Ajax junior. Simon mengawali karier bersama Ajax pada musim 1976/77. Karena cedera, dia sempat absen selama dua musim dan kembali membela Klub Anak-anak Dewa itu di musim 1979/80, dan hingga akhir musim dia mampu mengemas 17 gol. Namun, setelah malang melintang di Divisi Utama Belanda, Simon kemudian hijrah ke kompetisi Belgia (Standar de Liege) musim 1982/83. 1984 dia kembali ke Belanda dan merumput bersama Feyenoord Roterdam. Berikut ini daftar nama pemain sepak bola keturunan Indonesia yang bermain di luar negeri, yang berhasil saya kumpulkan dari berbagai sumber. kebanyakan mereka adalah keturunan maluku, jawa dan lain lain
1. Irfan Bachdim. lahir di Amsterdam, 11 Agustus 1988, umur 21 tahun, Irfan merupakan warga negara Belanda, Irfan pernah hampir pasti membela tim sepak bola U-23 Indonesia di Asian Games 2006 – Qatar. Sayang, dia harus absen dari turnamen tersebut karena menderita cedera saat terkena takling saat bermain di Liga Junior. Pada Bulan Juli 2009 dia di transfer tanpa biaya ke klub HFC Harlem. Bapaknya orang Indonesia berasal dari Malang jatim, dan ibu asli Belanda. Sekarang bermain di FC Utrecht Belanda. Irfan adalah salah satu pemain keturunan Indonesia yang bersedia menjadi WNI dan membela timnas Indonesia, sempat ikut seleksi Persija dan Persib. namum gagal dengan alasan “lembek”.

2. Alessandro Trabuco. Pemain seri-B italy, lahir di Bali, ibunya asli Indonesia, orang Bali. umur 5 tahun dibawa bapaknya ke Italy. Sering jadi pemain terbaik di kompetisi junior. Sekarang bermain di Rimini, klub Italy

3. Leroy Resodihardjo, yang kini bermain di Liga Belanda bersama ADO Den Haag sejak 2008. Midfielder kelahiran Leidschendam, Belanda, 4 Maret 1987 punya darah Indonesia dari sang ayah yang orang Jawa, Resodihardjo.
4. Robin van Persie (lahir di Rotterdam, Belanda, 6 Agustus 1983; umur 26 tahun) adalah penyerang tim nasional sepak bola Belanda yang bertinggi badan 183 cm dan bermain di Inggris FA Premier League untuk tim Arsenal, ternyata masih keturunan Indonesia. Darah Indonesia diperoleh dari neneknya yang orang indonesia asli Jawa.
5. Ferdinand Katipana lahir di Amersfoort 26 tahun silam ini sebelum bergabung bersama Haarlem, sempat bergabung di tim Utrecht Junior dan Cambur Leeuwarden. Ayahnya asli orang Maluku.
6. Tom Jan Hiariej, bermain di FC Groningen. Pemain kelahiran winschoten belanda tahun 1988 ini bermain di posisi bek kanan. pemain berdarah maluku ini sudah beberapa kali memperkuat timnas junior belanda.
7. Jeffrey Leiwakabessy, Bek kiri Anorthosis kelahiran elst belanda 1981 ini mempunyai darah maluku dari ayahnya. leiwakabessy berposisi sebagai bek kiri dan sudah beberapa kali memperkuat timnas U21 belanda, nec nijmegen dan allemania aachen (jerman)
8. Sergio van Dijk. Pencetak gol terbanyak kedua di Liga Australia yg neneknya asli Magelang Jawa Tengah, Serginho van Dijk, ingin menjelaskan dua hal: ia tidak memiliki pertalian apa pun dengan Brasil dan ia siap bermain untuk tim nasional Indonesia. Van Dijk lahir dan dibesarkan di Assen, Belanda. Asal-usul pemain kelahiran 6 Agustus, 1982 ini sempat membuat publik Australia dilanda kebimbangan, bahkan sejak pertama kali ia merumput bersama Queensland Roar, klub asal Brisbane, di A-League, kompetisi paling bergengsi di Benua Kanguru. van Dijk jelas ingin membuat kesalahpahaman itu menjadi terang-benderang. “Saya tak tahu-menahu darimana asal mula isu soal Brasil itu,” kata van Dijk kepada harian Sydney Morning Herald. “Saya sama sekali tak punya darah Brasil. Ayah saya dari Belanda, ibu saya orang Indonesia. Tentu saja nama saya berbau Brasil. Serginho diambil dari nama penyerang terkenal Brasil, Serginho Chulapa, pada Piala Dunia 1982. Saat itu saya baru saja lahir. Barangkali karena warna kulitku juga membuat orang jadi bingung,ujar pemain yg pernah membela klub Divisi Satu Belanda FC Groningen (1999-2002)
9. Donovan Partosubroto. Pemain ini berposisi sebagai kiper. Dia kini bermain di Ajax Junior. Sejak usia delapan tahun dia sudah dilirik oleh tim pencari bakat Ajax. Kini dia berusia 18 tahun. Ayahnya merupakan orang Jawa Indonesia yang beristrikan warga negara Belanda. Donovan mempunyai kembaran yang juga seorang pemain bola, namanya Vincent Partosubroto. Vincent adalah seorang penyerang, dia bermain di Klub FC Hoofdorp.
10. John Heitinga (lahir 15 November, 1983 di Alphen aan den Rijn) adalah bek kanan atau bek tengah tim nasional sepak bola Belanda yang bertinggi badan 180 cm yg pernah bermain di Ajax Amsterdam klub sekarang Everton. mempunyai darah keturunan Indonesia dari kakeknya yang Maluku. Ia memperkuat timnasnya di Euro 2004, Piala Dunia 2006 dan Piala Dunia 2010. sekarang bermain di Atletico Madrid.
11. Radja Nainggolan. Klub Seri A Cagliari baru saja mendapatkan Radja Nainggolan. Pemain berdarah Indonesia ini diboyong Cagliari dengan status pinjaman dari Piancenza. Radja memang sempat menjadi buah bibir di Liga Italia saat dikabarkan akan diboyong oleh AS Roma. Namun Cagliari rupanya yang mendapatkan gelandang berusia 21 tahun ini dalam bagian pertukaran dengan Mikhail Sivakov. Cagliari telah resmi meminjamnya hingga akhir musim namun punya opsi untuk mempermanenkan kontraknya. Radja pun mengaku senang dengan kesepakatan ini dan berharap bisa bermain baik di klub Seri A ini. Ayahnya, Marianus, adalah pria berdarah Batak yang menjadi pengusaha di Bali dan ibunya, Lizi Bogaerd berkewanegaraan Belgia. Meski berdarah Indonesia, sayang sekali Radja saat ini tercatat sebagai anggota timnas Belgia U-21.
12. Denny Landzaat adalah pemain lini tengah yang dipilih Van Basten. Nama lengkapnya adalah Denny Domingoes Landzaat. Denny dilahirkan 6 Mei 1976 di Amsterdam. Klub yang pernah diperkuatnya adalah Ajax, MVV, Willem II, AZ Alkmaar, wigan athletic. Di klubnya, Denny kerap memainkan posisi sebagai striker bayangan (second striker). Dia juga bisa bermain di gelandang kanan Tim Oranye. Kaki kanan dan kirinya sama-sama ampuh. Masa kecil Denny dihabiskan bersama orang tuanya di Rivierenbuurt, Amsterdam. Ibu Denny berdarah Maluku yang berasal dari keluarga besar 14 anak dan ayahnya adalah orang Belanda.
13. Giovanni Christiaan van Bronckhorst, lahir di Rotterdam, Belanda, 5 Mei 1975 adalah seorang pemain sepak bola dari Belanda. Sejak tahun 2003 ia bermain di Feyenoord Rotterdam di Eredivisie. Ia biasanya berposisi sebagai pemain tengah atau pemain bertahan. Ia memperkuat Belanda pada berbagai turnamen. Pada timnas yang terakhir ini ia dipercaya sebagai kapten. Ayah Bronckhorst adalah seorang Indo sementara ibunya berasal dari Saparua, Maluku. Satu hal yang unik, walaupun Gio lahir dan sudah lama menetap di Belanda, ia masih bisa berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Indonesia dengan aksen Indonesia Timur yang kental dan khas, walaupun ia tidak benar-benar menguasai seluruh kosakata yang ada dalam Bahasa Indonesia. Ia mengaku mendapat kemampuan itu dari ibunya yang asli Maluku manuela sapulette. “Aku lahir di Rotterdam. Namaku terkadang bikin orang bingung, tapi tak ada darah Italia dalam keluargaku. Ayahku dari Indonesia sementara ibuku orang Maluku,” tulis van Bronckhorst dalam situs resminya.
14. John van Beukering. Pria kelahiran Velp, Belanda, 29 September 1983, saat ini memperkuat klub liga Belanda, Nijmegen sejak 2007 lalu. kakeknya orang indonesia asli maluku.
15. Christian Supusepa. Pemain muda berdarah maluku berusia 19 tahun ini, kini memperkuat tim Ajax Junior belanda.
16. Raymon Soeroredjo. bermain di vitesse arnhem junior, Belanda.kelahiran 1989. Dari namanya bisa ditebak. :) orang Jawa.
17. Michael Timisela. Pemain ini merupakan pemain muda berbakat yang dimiliki tim Ajax Amsterdam. Di usianya yang memasuki 20 tahun, pemain berdarah Maluku ini telah menembus masuk ke tim utama Ajax.
18. Peta Toisuta. Pemain berdarah Maluku keturunan dari sang ayah ini kini memperkuat tim Zwolle di liga Belanda.
19. Jeffrey De Vissche, bermain di aberdeen fc (skotlandia) pemain sayap kanan yang bapaknya asli bandung.
20. Marciano Kastoredjo. Gelandang yang juga bisa berperan sebagai bek kiri ini sebelum bergabung bersama tim De Graafschap pernah bergabung bersama tim Utrecht Junior. Bapaknya orang Jawa.
21. Irvin Museng adalah pesepak bola belia asal Makassar. Asal mulanya adalah saat Irvin dan kawan-kawannya yang tergabung dalam Makassar Football School (MFS) muncul sebagai juara Danone Cup tingkat nasional tahun 2005. Sebagai juara, MFS menjadi wakil Indonesia di Piala Dunia Danone U-12 di Lyon, Prancis, pada September 2005. Penampilan Irvin di turnamen ini ternyata luar biasa. Ia berhasil menjadi top skorer dengan mencetak 10 gol. Prestasi ini mengundang perhatian banyak pemandu bakat, termasuk dari klub Ajax Amsterdam. Namun proses perekrutannya sendiri tidak mudah. Butuh waktu berbulan-bulan untuk meyakinkan Ajax hingga akhirnya mengirimkan surat resmi untuk merekrut Irvin pada Februari 2006. Saat itu usia Irvin baru 13 tahun. Kini walau secara resmi statusnya adalah milik Ajax, Irvin dipinjamkan ke klub divisi dua Belanda, FC Omniworld. Perjalanannya untuk bermain di Liga Eropa nampaknya agak sulit, karena sebagai pemain non-Eropa, Irvin harus mengantongi izin tinggal untuk menjadi pemain Ajax Junior. Namun bagaimanapun, kita pantas angkat topi untuk prestasi Irvin Museng.
22. Jordao Pattinama punya kembaran Edinho Pattinama membela NAC Breda, Jordao Pattinama pernah membela Feyenoord dan sekarang main di SBV Excelsior. Sang ayah, Ton Pattinama asli orang Maluku.
23. Roy Makaay, pemain bernama asli Rudolphus Antonius Makaay ini berposisi sebagai striker. pemain berdarah Indonesia dari ibunya asli Maluku, kelahiran wijchen belanda 1975 ini sudah memperkuat belanda 43 kali dengan 6 gol.
24. Syaffarizal Mursalin, dan inilah yang paling update sering muncul di tivi dan asli WNI, orang Aceh. Cetak 15 Gol, Farri Masuk Kandidat Program Aspire Pemain sepak bola berbakat asal Indonesia telah lahir di Qatar. Dia adalah Syaffarizal Mursalin. Dia nyaris tak tersentuh pengamatan PSSI, meski berhasil menoreh prestasi di negeri kaya tersebut. Farri, demikian sapaan akrab Syaffarizal Mursalin. Pemain yang biasa berposisi sebagai striker ini termasuk pemain muda yang cukup bersinar dalam kompetisi sepak bola junior Qatar. Pemain berpostur 172 cm dan berat badan 65 kg ini menjadi pemain inti klub Al Khor junior. Dalam kompetisi junior (U-14) Qatar, dia telah mencetak 15 gol. Karena dinilai berbakat, Farri termasuk pemain asing Qatar yang masuk kandidat pemusatan latihan Aspire. Ini merupakan program jangka panjang Qatar untuk membina pemain berbakat yang punya prospek bisa dinaturalisasi menjadi pemain nasional Qatar. Bila lolos masuk program Aspire, Farri akan mengikuti program Aspire, namun tetap membela klubnya jika kompetisi Liga bergulir. Dalam kompetisi, Farri masih masuk golongan anak-anak antara usia 12 hingga 14 tahun (bahasa Arabnya, Ashball). Pada Liga tahun depan Pemain asal Lhokseumawe ini bergabung dengan kelompok remaja antara usia 15-18 tahun (Nashein). Meski masih anak-anak, Farri sudah mendapatkan bayaran dari klubnya. Sayang, baik Farri maupun ayahnya, Agri Sumarah, merahasiakan nilai bayaran itu. “Uang yang diberikan oleh klub cukup untuk jajan dan sebagian ditabung,” kata Agri. Pengagum Thierry Henry ini masuk Qatar ketika masih berusia 4 tahun. Dia mengikuti ayahnya yang bekerja di Qatar Gas. Pada usia tujuh tahun, Farri mulai berlatih di Qatar dengan ditangani pelatih asal Inggris Mr Green. Pada tahun 2004 dia mengikuti seleksi, dan oleh tim pemandu bakat klub Al Khor, dia diajukan ke Qatar Football Association. “Farri akhirnya diterima sebagai salah satu pemain asing yang bisa memperkuat Al Khor di Liga Qatar,” kata Agri. Untuk diterima sebagai pemain Al Khor, lanjut Agri, Farri harus mengikuti pertandingan persahabatan selama setahun. Selama bertanding itu dia diawasi langsung tim pemandu bakat Qatar Football Association. Farri mulai bertanding di Liga pada 2005 (usia 13 tahun). Saat itu dia langsung membawa Al Khor ke peringkat keempat dari 20 tim. (Untuk diketahui, sebelumnya Al Khor tidak pernah bisa lolos ke babak 8 besar Liga U-12). Selama berlatih di Qatar, Farri telah merasakan sentuhan tiga pelatih asing, yakni Mr. Green (Inggris) usia 7 s/d 12 tahun, Kapten Talla ( Mesir) usia 12 s/d 13 tahun, dan Elimer ( Hungaria ) usia 14 tahun. Pemain yang juga senang bermain musik ini mengaku senang bermain bola di Qatar karena diperlakukan secara baik-baik oleh pemain lokal. “Saya ingin menjadi pemain profesional dan bermain di klub-klub besar Eropa,” cetus Farri. Namun, tidak menutup kemungkinan Farri akan berkiprah di Indonesia. “Membela Timnas PSSI? Saya mau, tapi tergantung performa tim Indonesia sendiri,” ujarnya.
25. Kim Jeffrey Kurniawan, pemain berusia 20 tahun yang saat ini memperkuat FC Heidelsheim, sebuah klub yang berkompetisi di Verbandsliga Nordbaden Jerman (satu level di bawah divisi 3 Bundesliga). Dia sangat ingin membela Timnas Indonesia. sang kakek pernah membela Persija Jakarta dan juga tim nasional Indonesia di era 1950-an. Neneknya Kim berasal dari Bandung, sedangkan kakeknya dari Kudus. Jawa banget :)
sebenarnya masih banyak lagi pemain keturunan Indonesia yang merumput di luar negeri, tapi karena keterbatasan informasi yang saya dapatkan, maka hanya pemain diatas yang saya tuliskan. yang lain akan menyusul :)
melihat prestasi PSSI yang semakin menurun saat ini, memang wacana untuk menaturalisasi pemain keturunan Indonesia atau bahkan pemain asing di indonesia seperti Christian Gonzales pun semakin menguat. bahkan pemain keturunan dan asing ada yang sudah menawarkan diri untuk menjadi pemain timnas, mereka merasa sudah menjadi bagian dari Indonesia dan sangat mencintai Indonesia.
sekarang kembali ke PSSI. apakah tetap “jaim” dengan bersikeras “menuai prestasi” dengan memakai pemain asli WNI yang itu itu saja, yang minim skill dan pengalaman? dan PSSI tidak menghargai serta mematikan potensi bakat pemain muda?
atau menaturalisasikan pemain keturunan atau asing yang terbukti nyata berprestasi diklub mereka masing-masing dan mempunyai skill, serta kualitas mereka sangat dibutuhkan Indonesia?
lihatlah Singapura. kesebelasan mereka hampir semua pemain naturalisasi. dan prestasi sepak terjang timnas Singapura pun mulai diperhitungkan di Asia Tenggara.
banyak pemain keturunan Indonesia memang sudah menjadi bintang dunia, dan membela salah satu timnas. namun banyak dari mereka juga “tidak tertampung” untuk masuk timnas manapun. seharusnya ini bisa jadi “peluang” untuk PSSI, menawarkan kepada mereka untuk menjadi pemain Timnas Indonesia, tanah leluhur mereka :)

Daftar Pesepakbola Eropa yang Beragama Islam

Beberapa pemain yang beragama muslim bermain di beberapa klub besar di eropa, seperti Frank Ribery (Bayern Muenchen), Zlatan Ibrahimovic (Barceolona), Samir Nasri (Arsenal), Robin van Persie (Arsenal), Nicolas Anelka (Chelsea), Kolo Toure (Manchester City) dan adiknya Yaya Toure (Barcelona), serta masih banyak lagi pemain yang beragama muslim. Di Liga-liga besar eropa pemain bola yang tercatat sebagai pemain yang beragama muslim lebih dari 100 pemain, baik yang bermain di Liga Inggris, Spanyol, Italia, German, Belanda, Portugal, Prancis, Yunani, Turki atau pun liga-liga besar lain nya.

Berikut daftar pemain-pemain sepakbola eropa yang beragama islam :

Ahmed Mido Hossam
Diomanssy Kamara
Djibril Cisse
El-Hadji Diouf
Eric Abidal
Frank “Bilal” Riberry
Frederic Kanoute
Halil Altintop
Hamit Altintop
Hassan “Brazzo” Salihamidzic
Hatem Ben Arfa
Hossam Ghaly
Khalid Boulahrouz
Kolo Toure
Mahamaddou Diarra
Mohammed “Momo” Sissoko
Mohammed Kallon
Armand Traore
Nicolas Anelka
Nuri Sahin
Rami Shaaban
Robin Van Persie
Salomon Kalou
Samir Nasri
Stephen Appiah
Sulley Ali Muntari
Yaya Toure
Zlatan Ibrahimovic
Zinedine Yazid Zidane
David Trezeguet
Abou Diaby
Bacary Sagna
Emmanuel Eboue
Marouane Chamakh
Thierry Henry> Masih isu…
Seydou Kieta
Ali al-habsi
Vedad Ibisevic
Lilian Thuram
Lassana Diarra
Rustu Recber
Johan Djourou
Pascal Cygan
Emre Belozoglu
Ibrahim Afellay
Marat Izmailov
Aiyegbeni Yakubu
Leon Osman
Marouane Fellaini
Youri Djorkaeff
Fred
Mesut Ozil
George Weah
Phillipe Troussier

Dari daftar di atas ada beberapa pemain yang taat dengan agama islam diantaranya Samir Nasri, Karim Benzema, Hatem Ben Arfa, Aaron Winter, Zidane, Nicolas Anelka, Frank Ribery, Djibril Cisse.

Hidup di tengah glamornya industri sepakbola, banyak pebola muslim di Eropa yang tetap beribadah. Mereka juga hidup sesuai dengan ajaran Islam. Hal itu menjadi kunci rahasia kenapa jarang pebola Muslim yang disorot kehidupan pribadinya bermasalah. Itu juga yang membuat permainan mereka cenderung stabil dan emosi di lapangan senantiasa terjaga. Untuk itu, kita patut memuji sikap mereka yang tetap beribadah walaupun di eropa banyak pemain-pemain lain yang beragama non-muslim.

TEORITIS EMANUEL WALLERSTEIN

1.       Biografi Emanuel Wallerstein Immanuel Wallerstein  (lahir pada tahun   1930  di  New York, AS ), nama lengkapnya adalah Immanuel ...

30 hari